TY - THES ID - eprints76614 UR - http://digilib.unila.ac.id/76614/ A1 - ZUSUF , AMIEN Y1 - 2023/08/03/ N2 - Integrasi perangkat pembelajaran dan media pembelajaran sangat penting untuk menciptakan meaningful learning di kelas. Stimulasi diberikan untuk memberikan feedback positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada subjek Bahasa Prancis. Salah satu materi yang sulit dipahami adalah situer dans le temps, sehingga dibutuhkan pengembangan perangkat pembelajaran project based learning dan inovasi teknologi dalam menyampaikannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) Potensi dan kondisi di SMAN Bandarlampung di kembangkan perangkat pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi Edpuzzle untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa prancis peserta didik kelas XI di SMAN 16 Bandarlampung; (2) Proses pengembangan perangkat pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi Edpuzzle untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa prancis; dan (3) Efektivitas penggunaan Perangkat pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi Edpuzzle untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa prancis peserta didik kelas XI di SMAN 16 Bandarlampung; (4) Kemenarikan perangkat pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi Edpuzzle untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa prancis peserta didik kelas XI di SMAN 16 Bandarlampung. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan pendekatan Dick and Carey. Teknik pengumpulan data seperti kuesioner, tes, pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1). Potensinya adalah peserta didik dapat menggunakan perangkat pembelajaran project based learning berbantuan Edpuzzle dan kondisi sarana prasarana di SMA Negeri 16 Bandarlampung sangat mendukung dan memungkinkan untuk dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran project based learning berbantuan Edpuzzle. (2) Proses pengembangan menggunakan metode research and development di laksanakan dengan model Dick and Carey melalui 10 langkah pengembangan (3). Perangkat pembelajaran project based learning berbantuan Edpuzzle efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak Bahasa Prancis peserta didik. 4). Tingkat kemenarikan perangkat pembelajaran project based learning berbantuan Edpuzzle adalah sangat menarik berdasarkan aspek kemenarikan gambar, media dan materi dengan nilai rata-rata 85,83% (menarik). Kata kunci: Project based learning, Keterampilan menyimak Bahasa Prancis, Aplikasi Edpuzzle Integration of learning devices and learning media is very important to create meaningful learning in the classroom. Stimulation is given to provide positive feedback in improving student learning outcomes, especially on the subject of French. One of the materials that is difficult to understand is situer dans le temps, so it takes the development of project based learning (PjBL) learning tools and technological innovation in delivering it. The purpose of this study was to analyze (1) the potential and conditions at SMAN Bandarlampung to develop Edpuzzleassissted PjBL learning tools to improve French listening skills for class XI students at SMAN 16 Bandarlampung; (2) The process of developing Edpuzzleassissted PjBL learning tools to improve French listening skills; and (3) Effectiveness of using Edpuzzle-assissted PjBL learning tools to improve French listening skills for class XI students at SMAN 16 Bandarlampung; (4) The attractiveness of Edpuzzle-assissted PjBL learning tools to improve the French listening skills of class XI students at SMAN 16 Bandarlampung. The research method used is research and development (R&D) with Dick and Carey approach. Data collection techniques include questionnaires, tests, interview guides and documentation studies. The results of this research and development show that (1). The potential are that students can use Edpuzzle-assissted PjBL learning tools and the condition of the infrastructure at SMA Negeri 16 Bandarlampung is very supportive for the development of Edpuzzle-assissted PjBL learning tools. (2) The development process uses the research and development method carried out using the Dick and Carey model through 10 development steps (3). Edpuzzleassissted PjBL learning tools for improving students' French listening skills are effective with a normalized gain value of 0.8 (high). 4). The level of attractiveness of Edpuzzle-assissted PjBL learning tools is very interesting based on the attractiveness of images, media and materials with an average value of 85.83% (attractive). Keywords: Project based learning, Listening skills, Edpuzzle PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN EDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS PESERTA DIDIK DI SMAN 16 BANDARLAMPUNG AV - restricted ER -