%A OKTARIYA PUTRI %T PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS MASALAH BERBANTUAN CANVA UNTUK MENSTIMULUS VISUAL LITERACY DAN NUMERACY SKILL %X Penelitian ini bertujuan untuk menstimulus visual literacy dan numeracy skill peserta didik melalui pengembangan e-LKPD berbasis masalah serta untuk mengetahui kevalidan e-LKPD. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIA SMAN 1 Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian Design and Development Reaserch (DDR) penelitian empiris dengan 4 prosedur atau tahapan yakni, analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan). Dengan desain control group pretest posttest. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Pembelajaraan berbasis masalah diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan Direct Instrukture (DI) kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukan peningkatan numeracy skill dan visual literacy peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,71, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,56 berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa e-LKPD berbasis masalah mengalami peningkatan kelas eksperimen baik visual literacy dan numeracy skill peserta didik lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji t-test menunjukan bahwa memberikan pengaruh positif terhadap visual literacy dan numeracy skill peserta didik dengan hasil output (49)=0,235 .sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan e-LKPD berbasis masalah dapat meningkatkan visual literacy dan numeracy skill peserta didik. Kata Kunci: e-LKPD, Problem Based Learning visual literacy dan numeracy skill. %D 2023 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints76626