%0 Generic %A Salwa, Fauziyah %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:76633 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF DENGAN KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS XI SMA GLOBAL MADANI BANDARLAMPUNG LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 %U http://digilib.unila.ac.id/76633/ %X Penelitian ini adalah penelitian korelasional, yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku asertif dengan kedisiplinan pada siswa kelas XI SMA Global Madani, Bandarlampung, Lampung, Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 74 subjek, dan sampel penelitian berjumlah 74 subjek. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel penuh. Teknik analisis data menggunakan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara variabel perilaku asertif dengan variabel kedisiplinan pada siswa kelas XI SMA Global Madani T.A 2022/2023. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig=0,596 . 0,596 > 0,05, dimana jika nilai sig> 0,05 maka tidak terdapat hubungan antara kedua variabel, artinya dalam penelitian ini tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku asertif dengan kedisiplinan di sekolah pada siswa kelas XI SMA Global Madani Bandarlampung Tahun Ajaran 2022/2023. Kata kunci : kedisiplinan, perilaku asertif, bimbingan konseling This research is correlational research, which aims to determine the relationship between assertive behavior and discipline in class XI students at SMA Global Madani, Bandarlampung, Lampung, for the 2022/2023 academic year. The research method used is quantitative. The research population was 74 subjects, and the research sample was 74 subjects. The sampling technique uses the full sample. The data analysis technique uses Spearman rank correlation. The results of the research show that there is no relationship between assertive behavior variables and discipline variables in class XI students at SMA Global Madani T.A 2022/2023. This is proven by the result sig=0.596. 0.596 > 0.05, where if the sig value is > 0.05 then there is no relationship between the two variables, meaning that in this study there is no significant relationship between assertive behavior and discipline at school in class XI students at SMA Global Madani Bandarlampung Academic Year 2022/ 2023. Keywords : assertive behavior, discipline, counseling guidance