%A ROSMITA DEVI %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI TITRASI ASAM BASA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem based learning berbasis etnosains dalam meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi titrasi asam basa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan pretest posttest control group design dengan teknik pengam- bilan sampel cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah se- luruh peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 7 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 216 orang dengan 2 kelas dijadikan sampel. Kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Pening- katan kemampuan literasi sains peserta didik diukur berdasarkan perbedaan rata- rata nilai n-Gain yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain literasi sains peserta didik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol masing-masing sebesar 0,67 dan 0,57 dengan kriteria sedang. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata rata-rata nilai n- Gain literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai n-Gain literasi sains peserta didik pada kelas kontrol. Ukuran penga- ruh dilakukan dengan menggunakan uji effect size, hasilnya menunjukkan bahwa sebesar 95% tingginya kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperi- men dipengaruhi oleh pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning berbasis etnosains. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning berbasis etnosains efektif meningkatkan literasi sains peserta didik. Kata kunci: problem based learning, etnosains, bir pletok, literasi sains, titrasi asam basa %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1913023006 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints76640