%A Ashiddiq Muhammad Naufal %T PERANCANGAN UI/UX LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) APLIKASI MOBILE EDU-LEARN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING %X Learning Management System (LMS) adalah perangkat lunak yang dilakukan secara online untuk kebutuhan dokumentasi, administrasi, laporan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19 berpotensi menimbulkan turunnya semangat peserta didik dalam pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi oleh pengguna Learning Management System (LMS) adalah kurangnya fitur yang mendukung pembelajaran jarak jauh, banyak peserta didik yang tertinggal pembelajaran dan guru yang sulit mengontrol peserta didik serta Learning Management System yang fiturnya belum cukup lengkap. Berdasarkan masalah tersebut maka dibangunlah aplikasi Mobile Edu-Learn yang menyediakan kemudahan pembelajaran jarak jauh dengan fitur yang mendukung guru dalam controlling peserta didik dan mengurangi turunnya semangat peserta didik dalam pembelajaran dengan fitur yang dibutuhkan oleh pengguna. Menurut hasil survei yang dilakukan pada tahap Emphatize kepada Peserta didik dan Guru sebanyak 100% responden berkeinginan adanya aplikasi penunjang pembelajaran jarak jauh yang fiturnya lengkap, sebanyak 66,7% responden merasa kebingungan dan kesulitan jika menggunakan lebih dari satu aplikasi penunjang pembelajaran jarak jauh, sebanyak 50% responden kesulitan berdiskusi baik dengan guru, kesulitan akses materi, lupa presensi dan lupa mengumpulkan tugas dan 83,3% responden memilih LMS yang baik itu memiliki fitur pengingat akademik (ujian, pengumpulan tugas, presensi, dan lain-lain). Hasil dari penelitian ini adalah berupa prototype Learning Management System aplikasi Mobile Edu-Learn dengan menggunakan metode Design Thinking yang melewati 5 tahap yaitu Emphatize, Define, Ideati, Prototype, Testing. Pada tahapan testing menggunakan usability testing dihasilkan skor rata-rata sebesar 80,83 dengan grade scale B, adjective rating excellent dan masuk dalam kategori Acceptable dengan iterasi design sebanyak dua kali. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %I FAKULTAS TEKNIK %L eprints76665