@misc{eprints76709, month = {Oktober}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA}, author = {DIKY SAPUTRO ARUWAN}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/76709/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Swadhipa 1 Natar semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 61 siswa dan 2 kelas yaitu kelas VII A dan VII B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian randomized pretest-posttest control group design. Dari pemilihan sampel secara random melalui pengundian terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini berupa skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, yang diperoleh melalui tes berupa soal uraian dengan materi segiempat dan segitiga. Analisis data menggunakan uji-t. Dari uji-t diperoleh hasil skor sig. {\ensuremath{<}} 0,05. Maka terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segiempat dan segitiga kelas VII di SMP Swadhipa 1 Natar.} }