title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA creator: ARUWAN, DIKY SAPUTRO subject: 510 Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Swadhipa 1 Natar semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 61 siswa dan 2 kelas yaitu kelas VII A dan VII B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian randomized pretest-posttest control group design. Dari pemilihan sampel secara random melalui pengundian terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini berupa skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, yang diperoleh melalui tes berupa soal uraian dengan materi segiempat dan segitiga. Analisis data menggunakan uji-t. Dari uji-t diperoleh hasil skor sig. < 0,05. Maka terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segiempat dan segitiga kelas VII di SMP Swadhipa 1 Natar. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-10-02 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76709/1/Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76709/2/Skripsi%20Full.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76709/3/Skripsi%20Tanpa%20Bab%20Pembahasan.pdf identifier: ARUWAN, DIKY SAPUTRO (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/76709/