TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints76711 UR - http://digilib.unila.ac.id/76711/ A1 - Galuh Octarina, Kusuma Wardhani HS Y1 - 2023/09/13/ N2 - Pembelajaran yang melibatkan proses pemecahan masalah belum diterapkan di sekolah. Penerapan pembelajaran di sekolah masih menggunakan model direct instruction dimana proses pembelajaran berfokus pada teacher center. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh project-based blended learning (PBBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi alat optik di SMA Al-Kautsar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan desain penelitian Quasi Eksperimental jenis Non-Equivalent Control Group Design dengan kelas eksperimen diberi perlakuan menerapkan model PBBL dalam pembelajaran dan kelas kontrol menerapkan model direct instruction dalam pembelajaran. Penelitian ini melibatkan 68 siswa kelas XI IPA SMA. Data hasil penelitian yang digunakan adalah n-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model PBBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - Pengaruh Project-Based Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Materi Alat Optik di SMA Al-Kautsar AV - restricted ER -