title: ANALISIS PRODUCT PLACEMENT PERMEN KOPIKO DALAM DRAMA KOREA SEBAGAI MEDIA PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (Studi Pada Penonton Drama Korea Hometown Cha Cha Cha, Little Women dan Blind) creator: LC HSIA ASRI , LAM’A BOURLYN subject: 300 Ilmu sosial subject: 330 Ekonomi description: Penempatan produk dalam film atau drama ditayangkan seakan menjadi bagian dari alur cerita sehingga penonton dapat secara tidak langsung melihat produk, merek ataupun logo yang muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand awarareness permen Kopiko melalui penerapan product placement dalam drama korea. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Kopiko muncul dalam drama Korea Hometown Cha Cha Cha sebanyak 4 kali, Little Women 3 kali dan Blind 2 kali. Penelitian ini menunjukkan bahwa drama Hometown Cha Cha Cha, Little Women dan Blind memiliki visual dimension, auditory dimension, dan plot connection. Melalui product placement terdapat komunikasi non-personal antara Kopiko dan penonton dengan adanya penyampain pesan secara secara halus yang menujukkan visual, manfaat dan fungsi produk. Hubungan alur cerita dengan kemunculan produk disajikan dengan rapi sehingga pesan yang hendak disampaikan dapat diterima dengan baik oleh penonton. Tingkat brand awareness yang dimiliki oleh informan telah mencapai level Top Of Mind. Faktor yang membentuk brand awareness penonton dikarenakan adanya iklan melalui product placement, tampilan khas dari permen Kopiko yang berbentuk kotak dengan warna cokelat pekat dan logo melalui desain kemasan permen tersebut yang bertuliskan Kopiko dengan nuansa warna hitam, merah, dan putih. Kata Kunci: Product Placement, Kopiko, Brand Awareness publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK date: 2023-10-05 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76792/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76792/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76792/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: LC HSIA ASRI , LAM’A BOURLYN (2023) ANALISIS PRODUCT PLACEMENT PERMEN KOPIKO DALAM DRAMA KOREA SEBAGAI MEDIA PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (Studi Pada Penonton Drama Korea Hometown Cha Cha Cha, Little Women dan Blind). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG . relation: http://digilib.unila.ac.id/76792/