title: PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 7 Kotabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013) creator: Hery Suryanovan, 0913021007 subject: LB Theory and practice of education subject: QA Mathematics description: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan open-ended terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kotabumi Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan pendekatan open-ended tidak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa namun berpengaruh terhadap disposisi matematis siswa. Kata Kunci : Pendekatan Open-ended, Berpikir Kreatif Matematis, Disposisi Matematis. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2014-06-18 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/118/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/5/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/6/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/8/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/9/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/10/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/12/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/13/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/117/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/7681/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Hery Suryanovan, 0913021007 (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 7 Kotabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/7681/