?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH++MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTUAN%0D%0ALKPD+LIVEWORKSHEETS+TERHADAP+SELF+EFFICACY+DAN++%0D%0AHASIL+BELAJAR+KOGNITIF+BIOLOGI+SISWA%0D%0A+&rft.creator=UMMUL%2C++SHAFIRA+&rft.subject=372+Pendidikan+dasar&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+pembelajaran+problem%0D%0Abased+learning+berbantuan+LKPD+liveworksheets+terhadap+self+efficacy+dan+hasil%0D%0Abelajar+kognitif+biologi+siswa+pada+materi+pencemaran+lingkungan+di+SMP+Negeri%0D%0A8+Bandar+Lampung.+Jenis+Penelitian++ini+adalah++quasi+exsperimen++(eksperimen%0D%0Asemu).+Sampel+penelitian+ini+terdiri+atas+57+peserta+didik+kelas+VII+B+dan+VII+C%0D%0Ayang+ditentukan+dengan+menggunakan+teknik+purposive+sampling.+Hasil%0D%0Apenelitian+ini+berupa+data+kualitatif+dan+kuantitatif.+Data+kualitatif+berupa+data+self%0D%0Aefficacy+yang+diperoleh+melalui+penyebaran+angket%2C+kemudian+dianalisa+secara%0D%0Adeskriptif.+Hasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+model+pembelajaran+Problem%0D%0ABased+Learning+berbantuan+LKPD+Liveworksheest+berpengaruh+sebesar+70%25%0D%0Aterhadap+self+efficacy+siswa.+Untuk+data+kuantitatif+berupa+hasil+belajar+kognitif%0D%0Ayang+terdiri+atas+pretest%2C+posstest%2C+dan+N-gain.+Hasil+uji+Independent+Sampel+t-Test%0D%0Amenunjukkan+Sig.+(2-tailed)+0%2C001%3C+0%2C05+yang+bermakna+H%0D%0A1+%0D%0Aditerima+dan+H%0D%0Aditolak.+Hal+ini+ditunjukkan+pada+hasil+belajar+siswa+dengan+rata-rata+nilai+N-Gain%0D%0Akelas+eksperimen+0%2C602+(sedang)+dan+kelas+kontrol+0%2C462+(Sedang)+sehingga+H%0D%0Aditerima+dan+H%0D%0Aditolak.+Kenaikan+hasil+belajar+kognitif+siswa+kelas+eksperimen%0D%0Apada+aspek+C2+sebesar+74%25%2C+C3+sebesar+75%25%2C+C4+sebesar+78%25%2C+dan+C5+sebesar%0D%0A82%25.++Hasil+uji+korelasi+menunjukkan+nilai+sig+0%2C028%3C0%2C05+yang+bermakna+bahwa%0D%0Atingkat+self+efficacy+siswa+memiliki+hubungan+yang+cukup+dengan+hasil+belajar%0D%0Akognitif.+Dengan+demikian+terdapat+pengaruh+model+Problem+Based+Learning%0D%0Aberbantuan+LKPD+Liveworksheets+terhadap+self+efficacy+dan+hasil+belajar+kognitif%0D%0Abiologi+siswa.+%0D%0A0+%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+Problem+Based+Learning%2C+LKPD+Liveworksheets%2C+Self-efficacy%2C+%0D%0AHasil+Belajar+Kognitif+%0D%0A+&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2023-10-13&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F76815%2F1%2Fabstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F76815%2F2%2FSkripsi%2520ful.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F76815%2F3%2FSkripsi%2520ful%2520tampa%2520bab%2520pembahsan.pdf&rft.identifier=++UMMUL%2C+SHAFIRA+++(2023)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTUAN+LKPD+LIVEWORKSHEETS+TERHADAP+SELF+EFFICACY+DAN+HASIL+BELAJAR+KOGNITIF+BIOLOGI+SISWA.++FAKULTAS+KEGURUAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F76815%2F