title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD LIVEWORKSHEETS TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA creator: UMMUL, SHAFIRA subject: 372 Pendidikan dasar subject: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika subject: 570 Biologi description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD liveworksheets terhadap self efficacy dan hasil belajar kognitif biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Jenis Penelitian ini adalah quasi exsperimen (eksperimen semu). Sampel penelitian ini terdiri atas 57 peserta didik kelas VII B dan VII C yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data self efficacy yang diperoleh melalui penyebaran angket, kemudian dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD Liveworksheest berpengaruh sebesar 70% terhadap self efficacy siswa. Untuk data kuantitatif berupa hasil belajar kognitif yang terdiri atas pretest, posstest, dan N-gain. Hasil uji Independent Sampel t-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,001< 0,05 yang bermakna H 1 diterima dan H ditolak. Hal ini ditunjukkan pada hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen 0,602 (sedang) dan kelas kontrol 0,462 (Sedang) sehingga H diterima dan H ditolak. Kenaikan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen pada aspek C2 sebesar 74%, C3 sebesar 75%, C4 sebesar 78%, dan C5 sebesar 82%. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai sig 0,028<0,05 yang bermakna bahwa tingkat self efficacy siswa memiliki hubungan yang cukup dengan hasil belajar kognitif. Dengan demikian terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan LKPD Liveworksheets terhadap self efficacy dan hasil belajar kognitif biologi siswa. 0 Kata Kunci: Problem Based Learning, LKPD Liveworksheets, Self-efficacy, Hasil Belajar Kognitif publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-10-13 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76815/1/abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76815/2/Skripsi%20ful.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76815/3/Skripsi%20ful%20tampa%20bab%20pembahsan.pdf identifier: UMMUL, SHAFIRA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD LIVEWORKSHEETS TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/76815/