@misc{eprints76833, month = {Oktober}, title = {PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD LIVEWORKSHEETS BERORIENTASI MENINGKATKAN STRATEGI METAKOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMAN 2 GEDONG TATAAN)}, author = {PERMATA SARI FITRIYA LUKITA}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/76833/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan strategi metakognitif dan kemandirian belajar peserta didik dalam penerapan pembelajaran blended learning berbantuan E-LKPD Liveworksheets kelas X di SMAN 2 Gedong Tataan pada semester genap materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Gedong Tataan dengan metode quasy experiment yang menggunakan desain Pretest-Postest Equivalen Control Groups Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 berjumlah 64 peserta didik dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis secara statistik melalui uji Independent Sampel T-test dengan taraf kepercayaan 5\% dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran blended learning berbantuan E-LKPD Liveworksheets berpengaruh signifikan dalam meningkatkan strategi metakognitif peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000 (p {\ensuremath{<}} 0,05) dan juga meningkatkan kemandirian peserta didik dengan nilai signifikansi 0,006 (p {\ensuremath{<}} 0,05). Indikator strategi metakognitif tertinggi pengetahuan prosedural (procedural knowledge) kriteria sangat baik (75,78\%) terendah strategi perbaikan (debugging strategies) kriteria baik (71,09\%). Indikator kemandirian belajar tertinggi pemecahan masalah kriteria sangat baik (82,81\%) terendah indikator kontrol diri kriteria baik (63,59\%). Kata kunci : Blended Learning, E-LKPD, Liveworksheets, Strategi Metakognitif, Kemandirian Belajar} }