TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints76833 UR - http://digilib.unila.ac.id/76833/ A1 - FITRIYA LUKITA, PERMATA SARI Y1 - 2023/10/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan strategi metakognitif dan kemandirian belajar peserta didik dalam penerapan pembelajaran blended learning berbantuan E-LKPD Liveworksheets kelas X di SMAN 2 Gedong Tataan pada semester genap materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Gedong Tataan dengan metode quasy experiment yang menggunakan desain Pretest-Postest Equivalen Control Groups Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 berjumlah 64 peserta didik dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis secara statistik melalui uji Independent Sampel T-test dengan taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran blended learning berbantuan E-LKPD Liveworksheets berpengaruh signifikan dalam meningkatkan strategi metakognitif peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan juga meningkatkan kemandirian peserta didik dengan nilai signifikansi 0,006 (p < 0,05). Indikator strategi metakognitif tertinggi pengetahuan prosedural (procedural knowledge) kriteria sangat baik (75,78%) terendah strategi perbaikan (debugging strategies) kriteria baik (71,09%). Indikator kemandirian belajar tertinggi pemecahan masalah kriteria sangat baik (82,81%) terendah indikator kontrol diri kriteria baik (63,59%). Kata kunci : Blended Learning, E-LKPD, Liveworksheets, Strategi Metakognitif, Kemandirian Belajar PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD LIVEWORKSHEETS BERORIENTASI MENINGKATKAN STRATEGI METAKOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMAN 2 GEDONG TATAAN) AV - restricted ER -