TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints76846 UR - http://digilib.unila.ac.id/76846/ A1 - Fahdila Restu, Putri Y1 - 2023/10/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran OBAK terhadap literasi sains peserta didik pada materi sistem pernapasa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data yang diukur dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa nilai literasi sains yang diperoleh dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Independent sampel t-test dan data respon peserta didik tentang pembelajaran menggunakan model OBAK yang dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model OBAK terhadap literasi sains peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) 0,00<0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan model OBAK berpengaruh signifikan terhadap peningkatan literasi sains peserta didik pada materi sistem pernapasan di SMPN 1 Terbanggi Besar. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI (OBAK) TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN AV - restricted ER -