%0 Thesis %9 Masters %A PUJIONO, PUJIONO %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:76915 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 2023021001 %T PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN E-MODUL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK %U http://digilib.unila.ac.id/76915/ %X Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan penelitian pengembangan ini dimulai dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangkan), disseminate (Penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-MIPA2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA1 sebagai kelas eksperimen pada SMAS Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh angket validasi, angket kepraktisan dan dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil validasi, produk yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dan respon pendidik dan peserta didik mengenai kepraktisan e-modul sangat tinggi. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar menggunakan e-modul Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan peserta didik yang belajar tidak menggunakan e-modul Problem Based Learning, sehingga e-modul Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul Problem Based Learning valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.