%0 Generic %A RENI , WIDI ASTUTI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:76963 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS %U http://digilib.unila.ac.id/76963/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi larutan penyangga dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sumberejo, dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Sumberejo tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, sedangkan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran guided discovery. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretes postes non-equivalent control group design. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata n-gain keterampilan proses sains kelas kontrol dan kelas eksperimen serta ratarata n-gain keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 0,71 berkategori tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi larutan penyangga. Kata kunci: guided discovery, keterampilan proses sains, larutan penyangga.