%0 Generic %A Destia , Annisa Putri %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:76967 %I Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POHON ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di TK Intan Pertiwi, Tanjung Senang, Bandar Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/76967/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pohon angka terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain quasi-eksperimental tipe one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak berusia 5-6 tahun yang diperoleh melalui teknik sampel total (total sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi kepada anak. Hasil rata-rata pre-test yang diperoleh melalui observasi sebesar 65,93. Setelah pre-test dilakukan kemudian diberikan perlakuan dengan menggunakan media pohon angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak, selama melakukan perlakuan (treatment), terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari nilai post-test yang memperoleh rata-rata sebesar 88,37. Analisis data yang digunakan menggunakan uji paired t-test pada hasil penilaian pre-test dan post-test. Kemudian, untuk menguji signifikansi data dilakukan dengan membandingkan nilai Sig. (2-tailed) dengan nilai α. Berdasarkan hasil uji paired t-test pada data pre-test dan post-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 kemudian nilai α sebesar 0,05. Hal ini berarti bahwa nilai Sig. (2-tailed) < nilai α (0,000 < 0,05). Demikian disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh dari penggunaan media pohon angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: penggunaan media pohon angka, kemampuan berhitung, anak usia dini This study aims to determine the effect of the use of number trees on the numeracy skills of children aged 5-6 years. This study uses quantitative research with an experimental method with a quasi-experimental design type one group pretest- posttest design. The sample in this study was 30 children aged 5-6 years who were obtained through the total sampling technique (total sampling). Data collection was carried out by observing and documenting children. The average pre-test result obtained through observation was 65.93. After the pre-test was carried out, they were given treatment using the number tree media to develop children's numeracy skills. During the treatment, there was an increase as seen from the post-test score which obtained an average of 88.37. The data analysis used was paired t-test on the results of the pre-test and post-test assessments. Then, to test the significance of the data is done by comparing the value of Sig. (2-tailed) with a value of α. Based on the results of the paired t-test on the pre-test and post-test data, the Sig. (2-tailed) of 0.001 then the value of α is 0.05. This means that the Sig. (2-tailed) < α value (0.000 < 0.05). Thus it is concluded that Ha is accepted and H0 is rejected, meaning that there is an influence from the use of number tree media on the ability to count in children aged 5-6 years. Keywords : use of number tree media, numeracy skills, early childhood