?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=IMPLEMENTASI+PEMBELAJARAN+IPA+BERDASARKAN+KURIKULUM+2013+PADA+KELAS+V+SD+NEGERI+1+PENGAJARAN+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+AJARAN+2014%2F2015&rft.creator=Yusika+Nabilla%2C+1013024069&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+pelaksanaan+kurikulum+2013+pada+pembelajaran+IPA+pada+kelas+V+di+SD+Negeri+1+Pengajaran%2C+Bandar+Lampung+tahun+ajaran+2014%2F2015+sesuai+dengan+standar+proses%2C+pendekatan+saintifik%2C+dan%0D%0Atematik+integratif.+Sampel+penelitian+adalah+seluruh+guru+kelas+yang+mengajar+di+kelas+V+yang+dipilih+secara+purposive+sampling.+Jenis+data+penelitian+ini+adalah%0D%0Adata+kualitatif+berupa+deskripsi+pelaksanaan+pembelajaran+dikelas+yang+dilakukan+oleh+guru.+Data+dianalisis+secara+deskriptif+dengan+membandingkan+hasil+skor+sampel+dengan+skor+berdasarkan+lembar+pelaksanaan+pembelajaran+dengan%0D%0Astandar+proses%2C+pendekatan+saintifik%2C+dan+tematik+terpadu.%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+seluruh+guru+melaksanakan+pembelajaran+IPA+bedasarkan+kurikulum+2013+yang+sesuai+standar+proses+berdasarkan+perolehan+skor+pada+kegiatan+pendahuluan%2C+inti+dan+penutup+dengan+presentase%0D%0Askor+rata-rata+76%2C5%25+berkriteria+tinggi.+Hal+tersebut+didukung+dalam+kegiatan+inti+dan+penutup+seluruh+responden+yang+mencapai+kriteria+tinggi+(86%2C3%25+dan+87%2C5%25).%0D%0AAkan+tetapi+pada+kegiatan+pendahuluan+setiap+responden+hanya+melaksanakan+sebagian+kegiatan+yang+sesuai+standar+proses+dengan+perolehan+kriteria+sedang+(55%2C6%25).+Seluruh+guru+melaksanakan+pembelajaran+IPA+bedasarkan+kurikulum%0D%0A2013+yang+sesuai+penerapan+pendekatan+saintifik+dengan+persentase+skor+rata-rata+83%2C35%25+berkriteria+tinggi.+Hal+ini+ditunjukkan+pada+saat+pembelajaran+responden+memfasilitasi+peserta+didik+untuk+mencoba%2C+mengamati%2C+menganalisis%2C+menalar+dan+mengkomunikasikan+hasil+pembelajaran.+Selama+pembelajaran+responden+menyajikan+pembelajaran+sesuai+tema+dengan+memasukkan+beberapa+mata%0D%0Apelajaran+dalam+satu+proses+pembelajaran+serta+memuat+komponen+karakteristik+terpadu.+Seluruh+guru+melaksanakan+pembelajaran+IPA+bedasarkan+kurikulum+2013+yang+sesuai+pembelajaran+tematik+terpadu+dengan+persentase+skor+rata-rata+83%2C35%25+berkriteria+tinggi.%0D%0A%0D%0ADengan+demikian+hasil+penelitian+menujukkan+bahwa+implementasi+pembelajaran+IPA+berdasarkan+kurikulum+2013+yang+dilaksanakan+oleh+guru-guru+kelas+V+pada+SD+Negeri+1+Pengajaran%2C+Bandar+Lampung+memiliki+kriteria+tinggi.+Kesesuaian+tersebut+didapat+berdasarkan+analisis+pelaksanaan+pembelajaran+dengan+standar+proses%2C+pendekatan+saintifik%2C+dan+tematik+terpadu.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-02-27&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F1%2FCOVER%2520DEPAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F3%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F4%2FMENYETUJUI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F5%2FMENGESAHKAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F6%2FSURAT%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F7%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F8%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F9%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F12%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F15%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Yusika+Nabilla%2C+1013024069++(2015)+IMPLEMENTASI+PEMBELAJARAN+IPA+BERDASARKAN+KURIKULUM+2013+PADA+KELAS+V+SD+NEGERI+1+PENGAJARAN+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+AJARAN+2014%2F2015.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F7701%2F