%0 Generic %A Rindi, Rachmawati %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:77062 %I FAKULTAS PERTANIAN %T ANALISIS PREFERENSI DAN POLA KONSUMSI KONSUMEN AYAM BEKU BEST MEAT DI BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/77062/ %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik konsumen, menganalisis preferensi dan pola konsumsi ayam beku Best Meat di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei, melibatkan 60 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis multiatribut Fishbein dan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian dipilih secara purposive di toko Best Meat Permata Biru dan Kota Karang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dimulai dari bulan Februari-April 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen ayam beku Best Meat di Kota Bandar Lampung adalah ibu rumah tangga dengan usia 45-54 tahun, tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas dengan 4 anggota keluarga, tingkat pendapatan rumah tangga konsumen Rp2.500.001,00-Rp5.500.000,00. Preferensi konsumen terhadap ayam beku Best Meat tergolong suka dengan nilai sikap (Ao) sebesar 113,94 dan atribut yang disukai yaitu atribut kebersihan. Pola konsumsi ayam beku Best Meat meliputi jumlah konsumsi ayam beku Best Meat sebanyak 3,4 kg/bulan dengan frekuensi pembelian sebanyak 3 kali/bulan, cara mengonsumsi dijadikan sebagai lauk makan dengan cara digoreng, alasan mengonsumsi daging ayam utuh beku Best Meat adalah keamanan produk terjamin, varian ukuran yang dibeli atau dikonsumsi yaitu ukuran 1 kg. Kata kunci : Daging ayam beku, Multiatribut fishbein, Pola Konsumsi, Preferensi. The purpose of this study was to determine consumer characteristics, analyze preferences and consumption patterns of Best Meat frozen chicken in Bandar Lampung City. This research was conducted using a survey method with 60 respondents. The data analysis method used is Fishbein multiattribute analysis and descriptive quantitative. The research site was purposively selected at Best Meat Permata Biru and Kota Karang stores. Data collection was conducted using interview techniques from February to April 2023. The results showed that consumers of Best Meat frozen chicken in Bandar Lampung City are housewives aged 45-54 years, high school education level with 4 family members, consumer household income level Rp2.500.001,00-Rp5.500.000,00. Consumer preferences for Best Meat frozen chicken are classified as likes with an attitude value (Ao) of 113.94 and the preferred attribute is the cleanliness attribute. The consumption pattern of Best Meat frozen chicken includes the amount of consumption of Best Meat frozen chicken is 3.4 kg / month with a purchase frequency of 3 times / month, how to consume it as a side dish by frying, the reason for consuming Best Meat frozen whole chicken meat is guaranteed product safety, the size variant purchased or consumed is the 1 kg size. Keywords: Consumption pattern, Frozen chicken meat, Multiatribute fishbein, Preference.