%0 Generic %A TUTI , ALAWIYAH %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:77093 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN %U http://digilib.unila.ac.id/77093/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI saat pandemi covid-19 di SMAN 1 Padang Cermin. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu one shot yang berarti bahwa pengukuran dilakukan sekali saja kemudian hasilnya dibandingkan dengan pernyataan yang lainnya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner (angket) berupa angket tertutup dan. Adapun sumber data atau responden pada penelitian ini adalah siswa kelas XI yang menjalankan pembelajaran daring di SMAN 1 Padang Cermin yang berjumlah 150 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di SMAN 1 Padang Cermin dengan 150 responden dan 20 butir soal pernyataan tertutup dengan rentang skor 1-5 masuk dalam persentase kategori sangat positif 5,3% sejumlah 8 siswa, persentase positif 36% sejumlah 54 siswa, persentase sedang 24% sejumlah 36 siswa, persentase negatif 29% sejumlah 44 siswa, dan persentase sangat negatif 5,3% sejumlah 8 orang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa sebagian besar persepsi siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di SMAN 1 Padang Cermin menyatakan positif. Kata Kunci: persepsi siswa, pembelajaran daring, Bahasa Indonesia