TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints771 UR - http://digilib.unila.ac.id/771/ A1 - , RUQAIYAH Y1 - 2011/09/23/ N2 - Pembelajaran yang dilakukan guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil diskusi dengan teman sejawat dan observasi di kelas V SD Negeri 2 Metro Pusat pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa ini mengindikasikan pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapan tiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Selama penelitian berlangsung dari siklus ke siklus telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dan pada setiap akhir siklus dilakukan tes berupa ulangan diperoleh hasil rata-rata nilai tes meningkat. Dari hasil penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diiringi dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, aktivitas dan hasil belajar siswa. PB - Fakultas KIP TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -