%A 1113031043 Lailiyah %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) PADA SISWA KELAS VIII SMP KARTIKATAMA METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X Abstrak: Penelitian komparatif hasil belajar IPS terpadu pada kemampuan pengetahuan, kemampuan sikap sosial, dan kemampuan keterampilan berbicara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan two stay two stray (ts-ts). Belajar merupakan perubahan perilaku dari segi kemampuan pengetahuan, kemampuan sikap dan kemampuan keterampilan yang terjadi dalam diri siswa akibat adanya interaksi sehingga dapat diketahui hasil belajarnya sebagai hasil akhir dari proses pembelajaran yang dicapai oleh siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dan uji hipotesis menggunakan analisis multivariate of varian. Berdasarkan analisis data diperoleh: 1) Rata-rata hasil belajar siswa pada kemampuan pengetahuan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe two stay two stray lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan model kooperatif tipe talking stick (Fhitung > Ftabel / 9,658 > 3,15). 2) Rata-rata hasil belajar siswa pada kemampuan sikap sosial yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe talking stick lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan model kooperatif tipe two stay two stray (Fhitung > Ftabel / 11,356 > 3,15). 3) Rata-rata hasil belajar siswa pada kemampuan keterampilan berbicara yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe talking stick lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan model kooperatif tipe two stay two stray (Fhitung > Ftabel / 15,938 > 3,15). Kata kunci: belajar, hasil belajar, talking stick, two stay two stray %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7712