TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints77153 UR - http://digilib.unila.ac.id/77153/ A1 - SARI, DINDA DWI Y1 - 2023/11/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata secara statistik parametrik dengan independent sample t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain pada kelas yang menggunakan model discovery learning berkriteria tinggi sedangkan pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional berkriteria sedang, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai n-gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas yang menggunakan model discovery learning dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA AV - restricted ER -