@misc{eprints77178, month = {Nopember}, title = {TUNDAAN LALU LINTAS AKIBAT U-TURN MALL BOEMI KEDATON}, author = {JOHANI MITA ANTIKA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS TEKNIK}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/77178/}, abstract = {U-Turn merupakan salah satu contoh fasilitas pergerakan lalu lintas yang harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Meningkatnya pergerakan lalu lintas menyebabkan terjadinya tundaan yang menyebabkan kemacetan. Hal tersebut terjadi pada U-Turn di depan Mall Boemi Kedaton. Salah satu pengaruh dari U-Turn tersebut adalah melambatnya kendaraan saat melakukan manuver dan berhentinya kendaraan saat menunggu giliran untuk melakukan manuver sehingga menyebabkan tundaan yang cukup lama yang berakibat terjadinya kemacetan yang cukup tinggi pada jam sibuk. Pada penelitian ini diambil data dengan survei lalu lintas secara langsung selama 1 (satu) hari kerja ketika jam sibuk pagi dan sore hari. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah volume lalu lintas, waktu tempuh, waktu gap, dan tundaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecepatan kendaraan, mengetahui nilai gap kritis dengan menggunakan Metode Gap Acceptance untuk mengetahui tundaan yang terjadi, dan mengetahui solusi yang tepat untuk masalah lalu lintas yang terjadi akibat U-Turn Mall Boemi Kedaton. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan yang telah dilakukan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecepatan kendaraan terlambat terjadi pada sore hari yaitu kendaraan ringan (KR) 4,48 km/jam dan sepeda motor (SM) 5,12 km/jam. Nilai gap kritis pagi hari 6 detik dan sore hari 12 detik. Tundaan terbesar yang terjadi pagi hari 2,55 menit dan sore hari 15,1 menit selama 30 menit. Kata kunci: U-Turn, kecepatan, Gap Acceptance, tundaan. } }