TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints77199 UR - http://digilib.unila.ac.id/77199/ A1 - HANA, SALSABILA PUTRI Y1 - 2023/11/02/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan hasil belajar tematik muatan IPA peserta didik kelas IV sekolah dasar yang disebabkan oleh kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran project based learning terhadap minat belajar dan hasil belajar tematik muatan IPA peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 46 orang peserta didik dan penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan 25 orang peserta didik dari kelas IV A untuk kelas eksperimen dan 21 orang peserta didik dari kelas IV B untuk kelas kontrol. Teknik penggumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test. Hasil perhitungan data minat belajar diperoleh thitung > ttabel, yakni 2,882 > 2,015 dan terhadap hasil belajar menunjukan bahwa thitung > ttabel, yakni 2,988 > 2,015. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran project based learning efektif meningkatkan minat belajar dan hasil belajar tematik muatan IPA peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata kunci: hasil belajar, minat belajar, project based learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR AV - restricted ER -