TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints77238 UR - http://digilib.unila.ac.id/77238/ A1 - ZACKY , UMAR ABUBAKAR Y1 - 2023/11/29/ N2 - Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer di kalangan generasi muda. Seiring perkembangan media sosial Instagram, semakin beragam pula karakter pengguna media sosial, salah satunya sebagai media promosi pariwisata. Akun Instagram @explorelampung adalah media sosial yang memperkenalkan wisata-wisata yang ada di daerah Lampung, dengan adanya media ini diharapkan pariwisata di daerah Lampung menjadi banyak dikunjungi wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten akun Instagram @explorelampung terhadap minat berwisata pengikutnya. Teori yang digunakan adalah teori S-O-R atau teori Stimulus-Organisme-Respon. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kriteria sampel pada penelitian ini yaitu followers akun Instagram @explorelampung, berusia 18-24 tahun, dan berdomisili di Provinsi Lampung. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang ditentukan menggunakan rumus Yamane. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 13,005 + 1,650X artinya nilai konstanta (a) sebesar 13,005 dan koefisien regresi X bernilai arah positif, setiap peningkatan satu satuan variabel X akan berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 1,650. Berdasarkan hasil uji determinasi, pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 76,7%. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dinyatakan diterima dengan nilai t hitung = 17,984 > t tabel = 1,984. Penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi frekuensi, durasi, dan atensi pada variabel konten akun Instagram @explorelampung dapat mempengaruhi minat berwisata pengikutnya yang dilihat dari variabel minat berwisata meliputi dimensi kognitif dan afektif. Kata kunci: konten media sosial, minat berwisata, Instagram, explorelampung, pengikut Instagram is one of the social media that is popular among the young generations. Along with the development of Instagram social media, the more diverse the characters of social media users, one of which is as a medium for tourism promotion. The Instagram account @explorelampung is a social media that introduces tours in the Lampung, with this media it is hoped that tourism in the Lampung area will be visited by many tourists. This study aims to determine how much influence the content of the @explorelampung Instagram account has on the travel interests of their followers. The theory used is S-O-R Theory or Stimulus-Organism-Response Theory. This research uses a survey method with a quantitative approach. The sampling technique used was purposive sampling. The sample criteria in this study are followers of the @explorelampung Instagram account, aged 18-24 years, and domiciled in Lampung Province. The number of samples in this study were 100 respondents determined using the Yamane formula. Based on the results of the simple linear regression test, the equation Y = 13.005 + 1.650X is obtained, meaning that the constant value (a) is 13.005 and the regression coefficient X has a positive direction, each increase of one unit of variable X will affect variable Y by 1.650. Based on the results of the determination test, the effect of variable X on variable Y is 76.7%. Hypothesis testing using the t test is accepted with a value of t count = 17.984 > t table = 1.984. This study shows that the dimensions of frequency, duration, and attention on the content variable of the @explorelampung Instagram account can affect the travel interest of their followers as seen from the travel interest variables including the cognitive and affective dimensions. Keywords: social media content, travel interest, Instagram, explorelampung, followers PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - PENGARUH KONTEN AKUN INSTAGRAM EXPLORELAMPUNG TERHADAP MINAT BERWISATA PENGIKUTNYA (Studi Pada Followers Explorelampung Usia 18-24 Tahun di Provinsi Lampung) AV - restricted ER -