%0 Thesis %9 Masters %A INAROTUL , ULYA %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:77277 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGEMBANGAN MODUL ELETRONIK TEMATIK BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/77277/ %X Masalah penelitian ini berawal dari hasil analisis pada pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul tematik berbasis inkuiri yang layak dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), Pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V BMS Pringsewu. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Purposive Sampling yang sesuai dengan tujuan penelitian dan diperolah sebanyak 25 peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji paired t-test dengan hasil perhitungan sebesar 0,002 atau kurang lebih dari 0,005 di kelas sebelum menggunakan produk dan sesudah menggunakan produk. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahan e-modul tematik berbasis inkuiri efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Hasil Belajar, E-modul, Inkuiri The problem of this research originates from the result of the analysis of student learning. This study aims to produce an inquiry-based thematic e-module product that is feasible and effective in improving student learning outcomes. This research is a research and Development (R&D) type of research. The development is carried out according to the theory of Borg & Gall. The population of this study was students of class V Bms Pringsewu. The sample of this research was determined by purposive sampling technique which was by following per under the research objectives and obtaining as many as 25 students. The data collection tool uses valid and reliable test instruments. The data analysis technique uses a paired t-test with a calculation result of 0.002 or less than 0.005 in the class before using the product and after using the product. Based on this research, it can be concluded that inquiry-based thematic e-module materials are effective in improving student learning outcomes Keywords: Learning Outcomes, E-module, Inquiry