%0 Generic %A Catharina, Anandasari %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:77280 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH PABRIK TAHU TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK %U http://digilib.unila.ac.id/77280/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pemanfaatan limbah pabrik tahu terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Posttest Only Design Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri Satu Atap 5 Pesawaran semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B dengan setiap kelas berjumlah 20 peserta didik yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil kerja proyek. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata kelas ekperimen 75,4 dikategorikan “sedang” dan rata-rata kelas kontrol 44,1 dikategorikan “rendah”. Hasil uji normalitas pada kelas kedua kelas tidak berdistribusi normal dengan Sig. 0,001 < 0,05 pada kelas eksperimen dan Sig. 0,001 < 0,05 pada kelas kontrol. Hasil uji homogeitas menunjukan data homogen dengan nilai 0,770 > 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan Sig. 0,00 < 0,05, dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pemanfaatan limbah pabrik tahu terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik.