%0 Generic %A Hanny Nurfazrina, Yonesta %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:77345 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL OBAK (OBSERVASI BERPIKIR ANALISIS DAN KOMUNIKASI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII %U http://digilib.unila.ac.id/77345/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model OBAK terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII di SMP Negeri 1 Jambe. Penelitian ini menggunakan metode non equivalen control group design dengan rancangan pretest dan postest. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik SMP Negeri 1 Jambe dengan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh yaitu data hasil belajar kognitif yang dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran OBAK terhadap hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen (Sig. 0,000 < 0,05). Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model OBAK terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Sistem peredaran darah manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Jambe.