%A 0856031017 Diah Rizkia Astari %T POLA KOMUNIKASI SALES PROMOTION GIRL (SPG) DALAM PEMASARAN PRODUK ROKOK DI LAMPUNG (Studi SPG rokok Djarum DSO B. Lampung dan SPG rokok Djarum DSO Kota Bumi) %X ABSTRAK Sales Promotion Girl sebuah perusahaan dalam bidang perdagangan suatu produk, salah satunya adalah perusahaan rokok djarum. Hubungan komunikasi SPG rokok dengan konsumen sendiri dibentuk agar konsumen merasa tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh perusahaan rokok. Dalam hal ini para SPG adalah sebagai komikator dan menjadi brand dari produk perusahaan rokok tersebut. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu, bagaimana proses komunikasi SPG dan pola komunikasi SPG dalam pemasaran produk rokok dilampung, dan perbedaan pola komunikasi antara SPG DSO Bandar Lampung dan SPG DSO Kota Bumi. Dan mempunyai tujuan penelitian untuk mengetahui proses komunikasi SPG dan pola komunikasi dalam pemasaran produk rokok dilampung, serta perbedaan pola komunikasi SPG DSO Bandar Lampung dan Kota Bumi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini berlokasi di perusahaan PT. Djarum cabang Kota Bandar Lampung dan Kota Bumi. Hasil penelitian yaitu pola komunikasi SPG rokok Djarum di DSO Bandar Lampung dan DSO Kota Bumi saat melakukan pemasaran produk rokok yang mereka pasarkan ditemukan adanya penggunaan komunikasi non verbal yaitu dengan member senyuman kepda konsumen serta menawarkan dengan menunjukan sebuah rokoknya. Dari fenomena tersebut ditemukanlah beberapa pola komunikasi dalam pemasaran produk rokok yang SPG lakukan, dimana masing-masing pola tersebut adalah Pola Komunikasi Rantai, Pola Komunikasi Wajik, Pola Segitiga Siku-siku, Pola Komunikasi L, dan Pola Komunikasi Pita. Diharapkan bagi para SPG-SPG rokok Djarum DSO Bandar Lampung dan Kota Bumi agar lebih dapat kreatif dalam berkomunikasi dan berpersuasi kepada konsumen mereka, dan memperkuat kinerja mereka agar mencapai target yang diinginkan oleh perusahaan rokok Djarum tersebut. Kata kunci: Pola Komunikasi, SPG rokok Djarum, Lampung ABSTRACT Sales promotion girls marketing products of Djarum Cigarette Company. SPGs? communication relationships to consumers are formed to attract consumers of what the cigarette company is offering. In this case SPGs serve as communicators and also become brand of that cigarette company. Based on this background, the problem in this research was how did the SPGs? communication process and SPGs? communication patterns in marketing cigarette products in Bandar Lampung and Kota Bumi. And has the objective to determine the SPGs? communication process and SPGs? comunnication patterns in marketing cigarette products in Bandar Lampung and Kota Bumi. This was a qualitative research. The research location was PT Djarum of Bandar Lampung and Kota Bumi branches. The result showed that SPGs? communication patterns in marketing Djarum cigarette products in Bandar Lampung and Kota Bumi were by using nonverbal communication such as smiling to consumers while offering and showing cigarette products. From these phenomena, some commnication patterns in marketing cigarette products by SPGs? were found; they were chain communication pattern, kite communication pattern, right triangle pattern, L communication pattern. The researcher expects SPGs of Djarum cigarette in Bandar Lampung and Kota Bumi branches to be more creative and more persuasive in communicating to their consumers, and to strengthen their performances in achieving targets determined by Djarum Cigarette Company. Keywords : Communication pattern, Djarum Cigarette SPGs, Lampung %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik %L eprints7738