TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints77393 UR - http://digilib.unila.ac.id/77393/ A1 - HAPPY, TASYABILA Y1 - 2023/11/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi social media marketing melalui Instagram sebagai media pemasaran pada produk Respiesusu. Penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini yaitu UMKM Respiesusu di Kota Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Respiesusu menerapkan 6 proses pemasaran digital dengan saluran digital yang digunakan untuk proses pemasaran yaitu media sosial melalui Instagram,. 6 proses digital marketing melalui media sosial yang dijalankan oleh Respiesusu yaitu Aksesibilitas: endorse, paid promote, rutin mengunggah foto; video; dan e-flyer, menggunakan tagar, dan kemudahan proses transaksi. Interaktivitas: mengadakan kegiatan sharing dan memberikan pelayanan terbaik. Hiburan: membuat konten promosi yang mengikuti trend, memberikan promo potongan harga, dan give away. Kepercayaan: menganalisis kebutuhan pasar untuk menampilkan iklan yang lengkap dan dapat dipercaya. Gangguan:, kesulitan proses editing video, gangguan jaringan sinyal, dan server down. Informatif: membagikan informasi produk melalui foto; video; dan e-flyer, memberikan keterangan produk dengan lengkap dan gaya bahasa yang menarik. Kata kunci: Social Media Marketing, Digital Marketing, Instagram, UMKM PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - ANALISIS SOCIAL MEDIA MARKETING PADA AKUN INSTAGRAM UMKM RESPIESUSU DI KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -