?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM%0D%0ABERBANTUAN+PERTANYAAN+OLEH+SISWA+TERHADAP+%0D%0AKEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS%0D%0A&rft.creator=NANDA%2C+LUTHFIATUL+HASANAH&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=372+Pendidikan+dasar&rft.description=ABSTRAK%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+pembelajaran+flipped%0D%0Aclassroom+berbantuan+pertanyaan+oleh+siswa+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis.%0D%0ADesain+penelitian+menggunakan+randomized+pretest-posttest+comparison+group.%0D%0ASampel+penelitian+ini+terdiri+dari+dua+kelas+yaitu+eksperimen+I+(XI+IPA+2)%0D%0Amenggunakan+model+flipped+classroom+berbantuan+pertanyaan+dan+eksperimen+II%0D%0A(XI+IPA+3)+menggunakan+model+flipped+classroom+tanpa+berbantuan+pertanyaan%0D%0Ayang+dipilih+dengan+teknik+cluster+random+sampling.+Teknik+pengambilan+data%0D%0Amenggunakan+tes+kemampuan+berpikir+kritis%2C+lembar+observasi%2C+dan+angket.%0D%0AAnalisis+data+dilakukan+dengan+uji+Mann-Withney+U.+Hasil+penelitian%0D%0Amenunjukkan+bahwa+terdapat+pengaruh+yang+signifikan+dari+penerapan+model%0D%0Aflipped+classroom+berbantuan+pertanyaan+oleh+siswa+terhadap+kemampuan%0D%0Aberpikir+kritis+(Sig.+(2-tailed)+0.002+%3C+0.05).+Pembelajaran+dengan+model+flipped%0D%0Aclassroom+berbantuan+pertanyaan+mampu+meningkatkan+kemampuan+berpikir%0D%0Akritis+siswa%2C+hal+ini+terlihat+dari+nilai+rerata+N-gain+pada+kelas+eksperimen+I+adalah%0D%0A0.486+lebih+tinggi+dari+nilai+rerata+N-gain+kelas+eksperimen+II+yaitu+0.382+dengan%0D%0Akategori+sedang.+Analisis+per+indikator+berpikir+kritis+menunjukkan+hasil%0D%0Aperhitungan+N-gain+kelas+eksperimen+I+pada+indikator+memberikan+penjelasan%0D%0Asederhana%2C+khususnya+pada+sub+indikator+memfokuskan+pertanyaan+memperoleh%0D%0Anilai+tertinggi+dibandingkan+dengan+sub+indikator+lainnya+yaitu+sebesar+86%25.%0D%0AHasil+observasi+keterlaksanaan+pembelajaran+oleh+observer+diperoleh+rerata%0D%0A93.06%25+(kategori+sangat+baik)+dan+untuk+angket+tanggapan+siswa+menunjukkan%0D%0Ahasil+yang+positif+terhadap+penerapan+model+flipped+classroom+berbantuan%0D%0Apertanyaan%2C+dimana+diperoleh+rerata+sebesar+70.96%25+(kategori+baik).+%0D%0AKata+Kunci%3A+Kemampuan+Berpikir+Kritis%2C+Model+Flipped+Classroom%2C+Pertanyaan%0D%0ASiswa+%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2023-11-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F77424%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F77424%2F2%2FSKRIPSI%2520FUL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F77424%2F3%2FSKRIPSI%2520FUL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++NANDA%2C+LUTHFIATUL+HASANAH++(2023)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM+BERBANTUAN+PERTANYAAN+OLEH+SISWA+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F77424%2F