?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+MULTI+REPRESENTASI%0D%0ATERHADAP+HIGHER+ORDER+THINKING+SKILLS+PESERTA++%0D%0ADIDIK+PADA+MATERI+PERUBAHAN+LINGKUNGAN%0D%0A(Studi+Eksperimen+di+SMA+Muhammadiyah+2+Bandar+Lampung)+&rft.creator=Gustin+%2C+Amelia+Pratiwi+&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=372+Pendidikan+dasar&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+model%0D%0Apembelajaran+multi+representasi+terhadap+Higher+Order+Thinking+Skills+peserta%0D%0Adidik+kelas+X+SMA+Muhammadiyah+2+Bandar+Lampung+dalam+pembelajaran%0D%0Amateri+pokok+perubahan+lingkungan.+Desain+penelitian+yang+digunakan+adalah%0D%0Anonequivalent+pretest-posttest+control+group+design.+Populasi+dalam+penelitian+ini%0D%0Aadalah+seluruh+peserta+didik+SMA+Muhammadiyah+2+Bandar+Lampung+kelas+X%0D%0Ayang+berjumlah+216+peserta+didik+dan+tersebar+ke+dalam+enam+kelas.+Adapun%0D%0Asampel+diambil+menggunakan+teknik+purposive+sampling+dari+seluruh+populasi%2C%0D%0Asehingga+didapatkan+sampel+yang+tersebar+di+dua+kelas+yaitu+kelas+X.2+sebagai%0D%0Akelas+eksperimen+sebanyak+32+peserta+didik+dan+kelas+X.4+sebagai+kelas+kontrol%0D%0Asebanyak+32+peserta+didik.+Pembelajaran+pada+kelas+eksperimen+menggunakan%0D%0Amodel+pembelajaran+multi+representasi+sedangkan+pada+kelas+kontrol%0D%0Amenggunakan+metode+diskusi.+Jenis+data+dalam+penelitian+ini+yaitu+data+kuantitatif%0D%0Aberupa+hasil+tes+kemampuan+HOTS+peserta+didik.+Data+peningkatan+HOTS%0D%0Adiperoleh+melalui+pretest+dan+posttest+yang+hasilnya+dianalisis+menggunakan+uji%0D%0AMann-Whitney+U-Test+dengan+bantuan+IBM+SPSS+Statistics+Version+26.+Hasil%0D%0Apenelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat+pengaruh+yang+signifikan+dari+model%0D%0Amulti+representasi+terhadap+HOTS+peserta+didik+di+kelas+eksperimen+pada+taraf%0D%0Asignifikansi+0%2C05+dengan+nilai+sig+(2-tailed)+0%2C00+%3C+0%2C05+dan+rata-rata+N-gain%0D%0Asebesar+0%2C6+yang+berkategori+sedang.+Pada+kelas+kontrol+diperoleh+rata-rata+N-gain%0D%0Asebesar+0%2C3+yang+berkategori+rendah.+Peningkatan+tertinggi+pada+indikator+C6%0D%0A(mencipta)+dan+terendah+pada+indikator+C5+(mengevaluasi).%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+multi+representasi%2C+Higher+Order+Thinking+Skills+&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2023-11-01&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F77586%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F77586%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F77586%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Gustin+%2C+Amelia+Pratiwi+++(2023)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+MULTI+REPRESENTASI+TERHADAP+HIGHER+ORDER+THINKING+SKILLS+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+PERUBAHAN+LINGKUNGAN+(Studi+Eksperimen+di+SMA+Muhammadiyah+2+Bandar+Lampung).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG+.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F77586%2F