%A SITI AMANIYAH %T UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI DI KELAS IV SD NEGERI 03 PERUMNAS WH BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui melalui metode tanya jawab bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Perumnas WH Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diterapkan dalam tiga siklus. Metode yang digunakan bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tanya jawab dapat meningkatkan aktivitas dan prrestasi belajar siswa. Peningkatan aktivitas siklus pertama siswa yang aktif bertanya 50,09%, siklus dua 68,18%, dan siklus tiga menjadi 77,27%. Peningkatan hasil belajar siswa siklus 1 siswa yang tuntas mencapai 40,90%, pada siklus 2 siswa yang tuntas mencapai 61,36%, dan pada siklus 3 siswa yang tuntas meningkat mencapai 84,09%. Kata Kunci : Metode Tanya Jawab, Aktivitas dan Prestasi Belajar %C Universitas Lampung %D 2011 %I Fakultas KIP %L eprints776