TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints77608 UR - http://digilib.unila.ac.id/77608/ A1 - MELIA KURNIA , ASSYIFA Y1 - 2023/12/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Jumping Task terhadap HOTS Siswa kelas X. Desain penelitian yang digunakan adalah equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data Peningkatan HOTS diperoleh melalui pretest dan posttest, yang dianalisis menggunakan uji-t (Independent Sample t-Test). Tanggapan peserta didik tentang pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan jumping task dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan rata-rata N-gain sebesar 0,48 dengan kategori sedang. HOTS peserta didik kelas eksperimen memperoleh nilai N-gain pada ranah kognitif C4 sebesar 0,72, C5 sebesar 0,47 dan C6 sebesar 0,25. Selain itu, hasil angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model PBL berbantuan jumping task mendapatkan rata-rata presentase sebesar 92,2% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model PBL berbantuan jumping task terhadap peningkatan HOTS peserta didik pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Labuhan Ratu PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN JUMPING TASK TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di SMAN 1 Labuhan Ratu) AV - restricted ER -