%A 1113022039 Novinta Nurulsari %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU %X Instrumen yang digunakan guru di sekolah untuk menilai aspek psikomotor siswa belum sesuai bahkan ada guru yang menilai secara subjektif. Belum ada instrumen performance assessment berbasis scientific approach. Kondisi ini pula yang terjadi di SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen performance assessment berbasis scientific approach pada pembelajaran IPA Terpadu serta mendeskripsikan kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan penggunaan instrumen yang dikembangkan menurut pendapat guru. Desain pengembangan dilaksanakan dengan model pengembangan Sugiyono (2013: 298). Pada desain pengembangan ini, peneliti melakukan analisis konten, penyusunan tugas kinerja, penyusunan skenario pembelajaran, penyusunan spesifikasi instrumen, penulisan instrumen, penentukan skala instrumen, dan penentuan pedoman penskoran. Instrumen hasil pengembangan kemudian divalidasi, lalu dinilai oleh guru dari sembilan SMP di Bandar Lampung dengan menggunakan angket uji kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan instrumen. Pemilihan subjek uji coba produk dan uji coba pemakaian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan persentase pendapat guru. Pendapat mengenai kesesuaian instrumen sebesar 83,4% yang berarti sangat tinggi, kemudahan sebesar 80,5% yang berarti sangat tinggi, dan kemanfaatan sebesar 84,9% yang berarti sangat tinggi. Hal itu berarti bahwa instrumen sudah sesuai, mudah, dan bermanfaat untuk digunakan. Kata kunci: instrumen performance assessment, pembelajaran IPA Terpadu, scientific approach %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7767