creators_name: ARSALIA , INSYIRAA creators_id: 1915011028 type: other datestamp: 2023-12-19 07:49:06 lastmod: 2023-12-19 07:49:06 metadata_visibility: show corp_creators: UNIVERSITAS LAMPUNG title: ANALISIS TUNDAAN AKIBAT PERLINTASAN SEBIDANG REL KERETA API (STUDI KASUS : JALAN PEMUDA BANDAR LAMPUNG) ispublished: pub subjects: 380 subjects: 600 subjects: 620 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Perlintasan sebidang rel kereta api yang memotong jalan akan memaksa pengendara untuk menurunkan kecepatan ketika melewati pelintasan dan menaikkan kembali kecepatan kendaraan setelah melewati perlintasan. Kondisi ini dapat dijelaskan menggunakan teori gelombang kejut (shockwave). Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui besarnya tundaan yang terjadi pada perlintasan sebidang rel kereta api yang terdapat di Jalan Pemuda, Bandar Lampung menggunakan metode gelombang kejut. Pada pengamatan siang, saat awal antrian diperoleh kecepatan gelombang kejut ωda sebesar 6,85 km/jam dan ωab sebesar -6,69 km/jam. Pada saat arus jenuh dan awal penormalan diperoleh nilai kecepatan gelombang kejut ωdc sebesar 2,61 km/jam dan ωcb sebesar -9,07 km/jam. Lalu pada saat akhir penormalan lajur diperoleh nilai kecepatan gelombang ωac sebesar 2,72 km/jam. Panjang antrian yang diperoleh yaitu 5,19 meter dengan tundaan sebesar 33,95 detik dan waktu penormalan sebesar 45,98 detik. Sedangkan pada pengamatan sore, saat awal antrian diperoleh kecepatan gelombang kejut ωda sebesar 1,23 km/jam dan ωab sebesar -6,38 km/jam. Pada saat arus jenuh dan awal penormalan diperoleh nilai kecepatan gelombang kejut ωdc sebesar 1,97 km/jam dan ωcb sebesar -7,51 km/jam. Lalu pada saat akhir penormalan lajur diperoleh nilai kecepatan gelombang kejut ωac sebesar 1,80 km/jam. Panjang antrian yang diperoleh yaitu 8,95 meter dengan tundaan sebesar 54,51 detik dan waktu penormalan sebesar 87,32 detik. Kata Kunci : Gelombang Kejut, Tundaan, Panjang Antrian, Waktu Penormalan. ABSTRACT A railway crossing that cuts the road will force motorists to lower speed when passing the crossing and increase the speed again afterwards. This condition can be explained using shockwave theory. The purpose of this study was to determine the magnitude of delays that occurred at the railway crossing on Jalan Pemuda, Bandar Lampung using the shockwave method. At noon observation, at the beginning of the queue, the shockwave speed of ωda was 6,85 km/h and ωab was -6,69 km/h. At the of normalization, the shockwave speed of ωdc was 2,61 km/h and ωcb was -9,07 km/h. Then at the end of normalization, a shockwave speed of ωac was 2,72 km/h. The queue length obtained was 5,19 meters with a delay of 33,95 seconds and a normalization time of 45,98 seconds. While in the afternoon observation, at the beginning of the queue, the shockwave speed of ωda was 1,23 km/h and ωab was -6,38 km/h. At the beginning of normalization, the shock wave speed of ωdc was 1,97 km/h and ωcb is -7,51 km/h. Then at the end of normalization, a shockwave speed of ωac was 1,80 km/h. The queue length obtained was 8,95 meters with a delay of 54,51 seconds and a normalization time of 87,32 seconds. Keywords: Shockwave, delay, queue length, normalization time. date: 2023-12-08 date_type: published publisher: FAKULTAS TEKNIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: ARSALIA , INSYIRAA (2023) ANALISIS TUNDAAN AKIBAT PERLINTASAN SEBIDANG REL KERETA API (STUDI KASUS : JALAN PEMUDA BANDAR LAMPUNG). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/77682/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/77682/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/77682/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf