@misc{eprints77690, month = {Oktober}, title = {PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ExPRession BERBANTUAN BOOK CREATOR UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI}, author = {Parulian Panjaitan Eliezer }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/77690/}, abstract = {Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan emodule berbasis model pembelajaran ExPRession untuk melatihkan kemampuan berpikir komputasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian design and development research (DDR). Dasar penilaian dari uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji respon peserta didik, dan uji respon peserta didik, lalu uji keefektifan yang terdiri dari uji normalitas, n-gain, dan uji independent sample t-test. Hasil uji validitas diperoleh skor sebesar 3,40 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh rata-rata skor untuk uji keterbacaan sebesar 88\% dengan kategori sangat terbaca, uji respon peserta didik sebesar 85\% dengan kategori sangat baik, dan uji persepsi guru sebesar 91\% dengan kategori sangat baik. Maka uji kepraktisan diperoleh skor rata-rata 88\% dengan kategori sangat praktis. Terakhir, hasil uji keefektifan dapat dilihat dari skor hasil n-gain dan uji independent sample t-test, berdasarkan hasil uji n-gain diperoleh skor pada kelas eksperimen sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Dan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,003 yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir komputasi peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan e-modul interaktif berbasis model pembelajaran ExPRession. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis model pembelajaran ExPRession berbantuan book creator untuk melatihkan kemampuan berpikir komputasi efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : e-modul, kemampuan berpikir komputasi, model pembelajaran ExPRession} }