?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+PRESTASI+BELAJAR+MATEMATIKA+MELALUI+METODE+PAIKEM%0D%0ABAGI+SISWA+KELAS+IV+SDN+1+SUKARAJA%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2011%2F2012&rft.creator=+%2C+SITI+KARLENA&rft.subject=BF+Psychology&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mendeskripsikan+peningkatan+aktivitas+belajar+matematika+dan+prestasi+belajar+siswa+setelah+dibelajarkan+melalui+metode+pembelajaran+aktif%2Cinovatif%2Ckreatif%2C+efektif+dan+menyenangkan.+Penelitian+ini+dilakukan+dengan+menggunakan+pendekatan+penelitian+tindakan+kelas+dengan+3+siklus+tindakan.+Teknik+pengumpulan+data+melalui+observasi+dan+tes.%0D%0APenelitian+tindakan+kelas+ini+dirancang+dalam+3+siklus+dan+terdiri+dari+2+kali+pertemuan.+Setiap+siklus+terdiri+dari+4+tahap%2C+yaitu+perencanaan%2C+tindakan%2C+pengamatan%2C+dan+refleksi.+Penelitian+dilakukan+di+kelas+IV+dengan+jumlah+laki-laki+14+siswa+dan+16+perempuan+siswa.+Dari+penelitian+di+dapatkan+bahwa+aktivitas+belajar+siswa+meningkat+dari+aktivitas+kriteria+aktif+pada+siklus+I+sebesar+62%2C85%25%25%2C+kemudian+pada+siklus+II+meningkat+menjadi+70%2C48%25+dan+meningkat+sebesar+pada+siklus+III+menjadi+76%2C19%25.+Untuk+prestasi+belajar+siswa+pada+siklus+I+mengalami+kenaikan+dari+rata-rata+33%2C33%25+menjadi+66%2C67%25+pada+siklus+II+(+kenaikan+sebesar+33%2C34%25)%2C+selanjutnya+pada+siklus+III+menjadi+86%2C67%25+(kenaikan+sebesar+20%25).+Total+peningkatan+prestasi+belajar+dari+siklus+I+sampai+siklus+III+sebesar+53%2C34%25%0D%0AData+penelitian+tentang+aktivitas+siswa+di+ambil+dengan+cara+observasi+proses+pembelajaran%2C+dan+prestasi+belajar+matematika+siswa+di+peroleh+dengan+cara+tes+akhir+pembelajaran.+Pengolahan+data+aktivitas+di+lakukan+dengan+mencatat+(merekam)+data+tentang+prilaku+siswa+selama+mengikuti+pembelajaran+berlangsung%2C+dan+data+prestasi+belajar+siswa+dengan+cara+meruduksi+hasil+tes+tertulis+siswa+pada+akhir+pembelajaran.+Dari+penelitian+ini+dapat+disimpulkan+pengujian+hipotesis+teruji+positif+karena+%E2%89%A5+80%25+siswa+mencapai+KKM%2C+tuntas+dan+berhasil.%0D%0AKata+Kunci+%3A+Aktivitas+belajar%2C+Prestasi+belajar%2C+Metode+PAIKEM&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2011-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F1%2FCover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F2%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F3%2FMenyetujui.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F4%2Fpernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F5%2Fpengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F6%2FDaftar%2520isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F11%2FBAB%2520v.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F12%2FDaftar%2520Pustaka.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F13%2FPDF.zip&rft.identifier=+++%2C+SITI+KARLENA++(2011)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+PRESTASI+BELAJAR+MATEMATIKA+MELALUI+METODE+PAIKEM+BAGI+SISWA+KELAS+IV+SDN+1+SUKARAJA+TAHUN+PELAJARAN+2011%2F2012.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F777%2F