title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK SISWA (Studi pada siswa kelas VIII SMP Maarif 10 Bangun Rejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023) creator: HAFIDHAH , FAUZIAH subject: 370 Pendidikan subject: 510 Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi statistik siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Maarif 10 Bangun Rejo Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 98 siswa yang terdistribusi kedalam 3 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa kemampuan literasi statistik siswa yang mengikuti model Problem Based Learning lebih tinggi daripada kemampuan literasi statistik siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri. Dengan demikian, model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi statistik siswa. Kata kunci: kemampuan literasi statistik, problem based learning. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-12-04 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77727/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77727/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77727/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: HAFIDHAH , FAUZIAH (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK SISWA (Studi pada siswa kelas VIII SMP Maarif 10 Bangun Rejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/77727/