%A 0743022061 Eda Bayu Citra Dewi %T PENGARUH AKTIVITAS PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA %X ABSTRAK Pengelolaan proses pembelajaran yang efektif dan efisien merupakan titik awal keberhasilan pembelajaran yang dilakukan dan bermuara pada meningkatkan prestasi belajar siswa, Hampir setiap proses permbelajaran mengalami hambatan dan kendala dalam pelaksanannya. Rumusan masalah dari penelitian ini adakah pengaruh aktivitas pada model pembelajaran berbasis sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh aktivitas belajar fisika siswa pada materi impuls dan momentum terhadap hasil belajar fisika siswa. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk One Shoot Case Study. Penelitian ini dilakukan di SMAYPPL Bandar Lampung, yang menggunakan satu kelas eksperimen (kelas XI IPA 1). Pada awal penelitian diberikan soal pretest dan penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat pada kelas sampel sebagai kelas eksperimen dalam pembalajaran dilakukan observasi dengan diberikan angket aktivitas belajar. Selanjutnya kelas eksperimen diberikan post test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji linearitas, dan regresi linear sederhana data aktivitas terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara aktivitas terhadap hasil belajar fisika siswa dengan kontribusi determinan sebesar 29.9% dan persamaan regresinya adalah Y? = 25.965 + 0.841X. Kata kunci: Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat, Aktivitas dan Hasil Belajar. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7777