%0 Generic %A INNY, HIKMATIN %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:77774 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/77774/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi lisan peserta didik pada materi sistem gerak. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SMPN 7 Bandar Lampung yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan menggunakan instrumen pretest-posttest kemudian dianalisis menggunakan Uji Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dilakukan pembelajaran dengan strategi flipped classroom. Data kemampuan berpikir kritis mendapatkan nilai sig (2-tailed) 0 < 0,005 dengan rerata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,52 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,24 dengan kategori rendah sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi flipped classroom berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMPN 7 Bandar Lampung. Data keterampilan komunikai lisan diperoleh melalui lembar observasi keterampilan komunikasi lisan yang dianalisis menggunakan Man Whitney U Test. Hasil menunjukan Asymp sig (2-tailed) 0,002 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi flipped classroom berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan komunikasi lisan peserta didik kelas VIII SMPN 7 Bandar Lampung.