title: ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING ANAK USIA DINI creator: DEWI , FEBRIYANTI subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana lingkungan pembelajaran, perencaan pembelajaran, serta setting ruang kelas pembelajaran yang dilakukan secara hybrid learning pada anak usia dini di TK Negeri 1 Balik Bukit, kabupaten Lampung Barat. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini diperoleh dari informan sebanyak 8 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 3 guru dan 4 orang tua. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan proses penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa lingkungan pembelajaran anak dikondisikan dengan sedemikian rupa guru maupun orang tua dirumah memberikan fasilitas pada anak agar anak belajar dengan nyaman serta senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, pembelajaran yang dilakukan didalam kelas menggunakan metode belajar yang sesuai seperti bercerita, diskusi, tanya jawab, dan demonstrasi, dan setting ruang kelas pada saat pembelajaran tatap muka terbatas sudah dimanajemen dengan baik sebagaimana mestinya dengan memberikan jarak dan mengatur tempat duduk anak. Kata kunci: anak usia dini, pembelajaran hybrid learning This study aims to analyze and describe how the learning environment, learning planning, and classroom setting off hybrid learning in early childhood at TK Negeri 1 Balik Bukit, kabupaten Lampung Barat. This type of research uses a qualitative approach with a case study method. This research was obtained from 8 informants consisting of 1 principal, 3 teachers and 4 parents. The data analysis technique uses the Miles and Huberman model, including data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing process. The results of the study show that the child's learning environment is conditioned in such a way that teachers and parents at home provide facilities for children so that children learn comfortably and always keep the environment clean, learning is carried out in the classroom using appropriate learning methods such as storytelling, discussion, question and answer, and demonstration, and classroom settings during limited face-to-face learning have been well managed as they should by providing distance and arranging children's seating. Keywords: early childhood, hybrid learning publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK date: 2023-10-18 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77797/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77797/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77797/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DEWI , FEBRIYANTI (2023) ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING ANAK USIA DINI. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/77797/