@misc{eprints77798, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRT LEARNING) BERBANTUAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS APLIKASI SMARTPHONE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA}, author = {MAY CINDY}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/77798/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbantuan media praktikum berbasis aplikasi smartphone terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi. Sampel yang digunakan yaitu, siswa kelas XI MIPA 2 (eksperimen) dan XI MIPA 4 (kontrol) SMA Negeri 14 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar soal tes uraian. Indikator keefektifan model POGIL berbantuan media praktikum berbasis aplikasi smartphone ditinjau dari interpretasi nilai Cohen?s d. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen yakni 0,71 lebih besar dari kelas kontrol dengan rata-rata nilai N-Gain yakni 0,58. Hasil uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kedua kelas sampel akibat penerapan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis. Besarnya efektivitas penerapan model pembelajaran POGIL berbantuan media praktikum berbasis aplikasi smartphone ditunjukkan dari nilai Cohen?s d yakni 1,85 dengan kategori tinggi.} }