title: EFEKTIVITAS MODEL POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRT LEARNING) BERBANTUAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS APLIKASI SMARTPHONE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA creator: CINDY, MAY subject: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam subject: 530 Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbantuan media praktikum berbasis aplikasi smartphone terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi. Sampel yang digunakan yaitu, siswa kelas XI MIPA 2 (eksperimen) dan XI MIPA 4 (kontrol) SMA Negeri 14 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar soal tes uraian. Indikator keefektifan model POGIL berbantuan media praktikum berbasis aplikasi smartphone ditinjau dari interpretasi nilai Cohen’s d. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen yakni 0,71 lebih besar dari kelas kontrol dengan rata-rata nilai N-Gain yakni 0,58. Hasil uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kedua kelas sampel akibat penerapan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis. Besarnya efektivitas penerapan model pembelajaran POGIL berbantuan media praktikum berbasis aplikasi smartphone ditunjukkan dari nilai Cohen’s d yakni 1,85 dengan kategori tinggi. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-12-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77798/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77798/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77798/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: CINDY, MAY (2023) EFEKTIVITAS MODEL POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRT LEARNING) BERBANTUAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS APLIKASI SMARTPHONE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/77798/