title: ANALISIS DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK (Studi pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 26 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023) creator: TIARA , ELVAONITA subject: 370 Pendidikan subject: 510 Matematika description: Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pendekatan saintifik. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas VII-A SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Subjek tersebut dikelompokkan dalam kelompok siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah dengan masing-masing kelompok terdiri dari dua orang. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang disposisi berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa (1) Indikator disposisi berpikir kritis matematis siswa yang terjadi dalam pembelajaran saintifik lebih dominan memunculkan indikator analitis, sistematis, kepercayaan diri, dan rasa ingin tahu, (2) Disposisi berpikir kritis matematis siswa lebih dominan muncul saat siswa melakukan tahapan saintifik yaitu menanya, mencoba, mengomunikasikan. Kata kunci: disposisi berpikir kritis matematis siswa, pendekatan saintifik, proses pembelajaran publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-12-08 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77822/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77822/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77822/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: TIARA , ELVAONITA (2023) ANALISIS DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK (Studi pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 26 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/77822/