title: PENGARUH MODEL PjBL DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X creator: FATHONAH , NADIA subject: 370 Pendidikan subject: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika subject: 607 Pendidikan, riset, topik terkait description: Penelitian ini fokus pada penerapan Project-Based Learning (PjBL) dengan pendekatan lingkungan pada pembelajaran fisika. Keaktifan peserta didik diperlukan dalam proses pembelajaran untuk menghasilkan hasil belajar yang baik, salah satu strategi yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi pengaruh PjBL dengan pendekatan lingkungan terhadap kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas, yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol yang setiap kelas terdiri dari 30 orang peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes angket kemampuan kolaborasi yang berjumlah 15 butir dan soal essay yang berjumlah tujuh soal. Hasil penelitian ini diuji melalui uji N-Gain, dimana didapatkan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,49 dan lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,28.Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian ini juga menggunakan uji Independent Sample T-Test sebagai uji hipotesis, dimana berdasarkan pengujian tersebut diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya bahwa implementasi PjBL dengan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar kognitif, karena model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini efektif untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Kata kunci: Project-Based Learning, Pendekatan Lingkungan, Kolaborasi, Hasil Belajar Kognitif, Pencemaran Lingkungan publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-11-28 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77838/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77838/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/77838/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: FATHONAH , NADIA (2023) PENGARUH MODEL PjBL DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/77838/