%0 Thesis %9 Masters %A Firmansyah, 2121011029 %B FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %D 2023 %F eprints:77859 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH KEMUDAHAN AKSES PINJAMAN, EFISIENSI BIAYA DAN DURASI PINJAMAN TERHADAP NIAT KONSUMEN UNTUK MELAKUKAN PINJAMAN DENGAN RISIKO PEMINJAMAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Konsumen Finctech P2P Lending di Indonesia) %U http://digilib.unila.ac.id/77859/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemudahan akses pinjaman, efisiensi biaya, dan durasi pinjaman terhadap niat untuk melakukan pinjaman di industri Fintech P2P lending. Penelitian ini juga menguji peran risiko peminjaman sebagai variabel moderasi dalam hubungan tersebut. Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling menggunakan kuesioner melalui survei online kepada orang yang pernah mengakses layanan Fintech P2P lending dan terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan variabel-variabel penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 240 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan alat analisis AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan akses pinjaman, efisiensi biaya, durasi peminjaman yang di moderasi oleh risiko peminjaman berpengaruh terhadap niat konsumen Fintech P2P Lending untuk melakukan pinjaman sehingga diharapakan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan, karena penelitian ini secara teoritis dapat membantu dalam memperdalam pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen di pasar Fintech, hasil penilitian ini juga diharapakan dapat membantu perusahaan Fintech memahami preferensi dan perilaku konsumen terkait produk dan layanan yang mereka tawarkan. Dengan memahami preferensi konsumen, perusahaan dapat mengembangkan produk dan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kata Kunci : Fintech,Peer to Peer Lending, Niat Meminjam,P2P Lending This study aims to examine the effect of ease of access to loans, cost efficiency, and loan duration on the intention to make loans in the Fintech P2P lending industry. The study also examined the role of borrowing risk as a moderating variable in the relationship. The study also examined the role of borrowing risk as a moderating variable in the relationship. Data collection using purposive sampling method using questionnaires through online surveys to people who have accessed Fintech P2P lending services and consists of questions relevant to research variables. The number of samples in this study was 240 respondents. Data analysis was carried out using Structural Equation Modeling (SEM) techniques with the help of AMOS analysis tools. The results of this study show that ease of access to loans, cost efficiency, duration of borrowing moderated by lending risk affect the intention of Fintech P2P Lending consumers to make loans so that it is expected to add to the wealth of science, because this research can theoretically help in deepening understanding of the factors that influence consumer behavior in the Fintech market, The results of this research are also expected to help Fintech companies understand consumer preferences and behaviors related to the products and services they offer. By understanding consumer preferences, companies can develop products and services that better suit consumer needs. Keywords: Fintech, Peer to Peer Lending, Intention to Borrow, P2P Lending