%0 Generic %A ACIKA, PUTRI YUNIANDA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:77871 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA %U http://digilib.unila.ac.id/77871/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas blended learning dengan model pembelajaran inquiry lesson pada materi sistem koloid untuk meningkat-kan keterampilan proses sains siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode poor eksperimental dengan desain The Static-Group Comparison. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Padang Cermin yang berjumlah 157 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen, dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang di-peroleh melalui teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan blended learning dengan model inquiry lesson dan kelas kontrol diterapkan blend-ed learning dengan konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu soal postes KPS dan lembar aktivitas siswa. Data peneltian dianalisis menggunakan perhitungan statistik parametrik dengan uji t. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa blended learning dengan model pem-belajaran inquiry lesson pada materi sistem koloid efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.